Bagaimana Cara Memperbaiki Link URL Upload WordPress XAMPP ke Hosting

1. Apakah Anda sering mengalami masalah saat mengunggah konten ke situs web WordPress menggunakan XAMPP? Apakah Anda sedang mencari cara untuk memperbaiki link URL agar dapat mengunggah konten dengan mudah dan efisien ke hosting situs web Anda? Jangan khawatir, karena artikel ini akan membahas cara untuk memperbaiki masalah tersebut.

2. Jika Anda seorang pemilik situs web WordPress yang menggunakan XAMPP sebagai lingkungan pengembangan lokal, Anda mungkin mengalami kesulitan saat mengunggah konten ke server hosting Anda. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah ketika URL unggahan Anda tidak terlihat seperti yang seharusnya. Namun, beruntung ada cara untuk memperbaiki masalah ini dengan mudah.

3. Bagi banyak orang, memiliki situs web yang baik sangat penting dalam membangun merek dan meningkatkan kehadiran online. Namun, terkadang masalah teknis seperti kesalahan koneksi, sistem operasi yang kurang cocok, dan masalah unggah dapat menghambat keberhasilan situs web Anda. Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan URL ekstensi unggahan WordPress Anda ketika menggunakan XAMPP, jangan takut, karena artikel ini akan membahas cara untuk memperbaikinya dengan mudah.

Cara mengunggah file website dari XAMPP ke hosting

Saat ini, banyak dari kita yang membuat website menggunakan XAMPP sebagai platform pengembangannya. Namun, ketika website tersebut telah siap untuk diunggah ke server hosting, tentu akan membutuhkan proses upload file dengan menggunakan URL yang tepat. Berikut adalah cara memperbaiki link URL upload WordPress XAMPP ke hosting:

Langkah-langkah

  • Pastikan bahwa website WordPress Anda telah siap untuk diunggah ke server hosting. Ini berarti bahwa semua file telah diperiksa dan disimpan dengan benar pada XAMPP Anda.
  • Anda harus mengetahui FTP host, username, dan password hosting Anda. Informasi ini biasanya diberikan oleh penyedia hosting atau dapat ditemukan di area pengaturan hosting Anda.
  • Buka FileZilla atau program FTP lainnya, lalu masukkan informasi host, username, dan password Anda pada kolom yang tersedia.
  • Kemudian, salin semua file WordPress Anda pada direktori lokal komputer Anda dan tempatkan pada direktori yang sama pada hosting Anda.
  • Selanjutnya, periksa apakah terdapat file .htaccess pada website yang belum ter-upload. Jika ya, salin file tersebut ke hosting Anda di direktori yang sama.
  • Aktifkan mode Binary untuk pengunggahan file yang sudah tersimpan di komputer dan file yang ada pada hosting. Hal ini akan memastikan bahwa semua file ter-upload dengan benar dan tanpa kesalahan.
  • Tunggu sampai proses upload selesai dan periksa website Anda untuk melihat apakah semuanya berfungsi seperti yang diharapkan.

Perhatikan Beberapa Hal ini

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengunggah website dari XAMPP ke hosting:

  • Pastikan bahwa semua file website telah tersimpan dengan benar pada direktori XAMPP Anda.
  • Periksa kembali informasi FTP yang Anda masukkan pada program FTP untuk memastikan bahwa semuanya benar dan valid.
  • Jika ada file .htaccess, pastikan bahwa file tersebut juga ter-upload ke direktori yang tepat pada hosting Anda.
  • Pastikan bahwa mode Binary aktif saat melakukan proses upload agar file dapat di-upload dengan benar.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan memperhatikan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengunggah website dari XAMPP ke hosting, akan memudahkan proses untuk melakukan pengembangan website yang efektif dan efisien.

Cara Menyalin File Website dari XAMPP ke Hosting

Setelah membuat website menggunakan XAMPP, selanjutnya adalah meyimpan website tersebut ke dalam hosting agar website tersebut dapat diakses secara online melalui internet. Berikut kami sampaikan cara menyalin file website dari XAMPP ke hosting:

  • Langkah pertama adalah dengan mengunduh file website yang telah jadi dari folder htdocs pada XAMPP Anda.
  • Kemudian, pastikan website Anda sudah mempunyai domain, dan hosting Anda sudah terkoneksi dengan domain tersebut. Lakukan login ke cPanel hosting Anda, dan buatlah akun FTP agar Anda dapat memindahkan file website dari XAMPP ke hosting dengan mudah.
  • Selanjutnya, buka aplikasi FTP, lalu masukan open hostname, username, dan password yang telah dibuat di akun FTP.
  • Navigasi menuju folder public_html. Folder ini merupakan root dari website Anda. Apabila Anda sudah pernah meletakkan website Anda pada folder ini, maka sebaiknya Anda backup file lama terlebih dahulu sebelum Anda mengupload file website yang baru.
  • Upload file website yang telah Anda unduh sebelumnya ke dalam folder public_html. Anda dapat drag and drop file website Anda ke dalam folder public_html dan progress akan terlihat di halaman aplikasi FTP.
  • Setelah selesai, website Anda sudah dapat diakses melalui domain Anda yang telah dibuat sebelumnya.

Penutup

Dengan begitu, Anda dapat menyimpan dan mengupload website Anda dari XAMPP ke hosting secara mudah dan praktis. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar membuat website menggunakan XAMPP.

Jangan lupa backup website lama terlebih dahulu sebelum melakukan upload atau me-replace website yang sudah ada pada hosting. Selalu periksa kembali apakah website Anda sudah dapat diakses melalui domain milik Anda setelah proses upload selesai.

Langkah Deskripsi
1 Unduh file website yang telah jadi dari folder htdocs dalam XAMPP.
2 Login ke cPanel hosting Anda dan buat akun FTP agar Anda dapat mengupload file website dari XAMPP ke hosting.
3 Buka aplikasi FTP dan masukkan open hostname, username, dan password yang telah Anda buat di akun FTP.
4 Navigasi menuju folder public_html, folder root dari website Anda.
5 Upload file website dari XAMPP ke dalam folder public_html hosting Anda.
6 Cek lagi dan pastikan website Anda sudah dapat diakses melalui domain milik Anda.

Cara mengedit link URL pada WordPress setelah diunggah ke hosting

Setelah Anda memigrasikan website WordPress dari XAMPP ke hosting, Anda mungkin perlu mengedit link URL agar situs web dapat berfungsi dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaiki link URL yang telah diunggah ke hosting:

  • Buka situs web Anda dan masuk ke dasbor WordPress.
  • Pilih “Pengaturan” dari menu di sebelah kiri.
  • Pilih “Umum” dari submenu yang muncul.
  • Pada halaman pengaturan umum, perhatikan URL WordPress Anda pada “WordPress Address (URL)” dan “Site Address (URL)”.
  • Ubah URL dari XAMPP ke URL hosting Anda.
  • Klik tombol “Simpan Perubahan”.

Setelah Anda menyimpan perubahan, pastikan untuk menyegarkan halaman situs web Anda dan memeriksa apakah semuanya berfungsi seperti yang diharapkan.

Apabila Anda tidak dapat membuka halaman pengaturan umum karena situs web Anda tidak dapat diakses, Anda dapat memperbaiki link URL melalui database WordPress. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengedit link URL melalui database:

  • Buka panel kontrol hosting Anda dan akses phpMyAdmin.
  • Pilih database WordPress Anda di sisi kiri.
  • Cari tabel “wp_options” dan klik tautan “Lihat” untuk membuka tabel.
  • Cari baris dengan nama “siteurl” dan “home” pada kolom “option_name”.
  • Klik tombol “Edit” di sebelah baris yang ingin diedit.
  • Ganti URL XAMPP dengan URL hosting Anda di kolom “option_value”.
  • Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

Penting untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati ketika mengedit database Anda untuk menghindari kerusakan pada situs web Anda.

Langkah-langkah Keterangan
Buka situs web Buka situs web WordPress Anda dan masuk ke dasbor WordPress.
Pilih “Pengaturan” Pilih “Pengaturan” dari menu di sebelah kiri.
Pilih “Umum” Pilih “Umum” dari submenu yang muncul.
Perhatikan URL WordPress Anda Perhatikan URL WordPress Anda pada “WordPress Address (URL)” dan “Site Address (URL)”.
Ubah URL Ubah URL dari XAMPP ke URL hosting Anda.
Klik “Simpan Perubahan” Klik tombol “Simpan Perubahan”.
Buka phpMyAdmin Buka panel kontrol hosting Anda dan akses phpMyAdmin.
Pilih database WordPress Pilih database WordPress Anda di sisi kiri.
Cari tabel “wp_options” Cari tabel “wp_options” dan klik tautan “Lihat” untuk membuka tabel.
Cari baris dengan nama “siteurl” dan “home” Cari baris dengan nama “siteurl” dan “home” pada kolom “option_name”.
Klik tombol “Edit” Klik tombol “Edit” di sebelah baris yang ingin diedit.
Ganti URL XAMPP dengan URL hosting Anda Ganti URL XAMPP dengan URL hosting Anda di kolom “option_value”.
Klik “Simpan” Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

Cara mengatasi kesalahan URL setelah mengunggah WordPress ke hosting

Banyak pengguna yang ingin memperbarui website WordPress mereka ke hosting baru. Namun, beberapa dari mereka mungkin mengalami kesalahan URL setelah mengunggah WordPress ke hosting baru mereka. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasinya:

  • Cek Pengaturan URL – Periksa pengaturan URL di panel admin WordPress Anda dan pastikan bahwa alamat URL WordPress Anda sudah diganti dengan URL baru hosting Anda.
  • Ganti URL Manual – Jika pengaturan URL Anda sudah benar, Anda bisa mencoba mengganti URL manual di file wp-config.php. Caranya, buka file wp-config.php di editor teks dan tambahkan kode berikut:
  • Kode Penjelasan
    define(‘WP_HOME’,’http://namadomain.com’); Mengganti URL situs utama [home_url]
    define(‘WP_SITEURL’,’http://namadomain.com’); Mengganti URL direktori WordPress [site_url]
  • Gunakan Plugin – Jika Anda masih kesulitan mengatasi masalah kesalahan URL, Anda bisa mencoba plugin seperti Velvet Blues Update URLs atau Better Search Replace. Plugin-plugin ini dapat membantu Anda dengan mudah mengganti URL dari situs Anda tanpa harus melakukan perubahan manual.

Dalam mengganti URL WordPress Anda, pastikan untuk membuat backup file Anda terlebih dahulu. Hal ini akan sangat membantu jika terjadi kesalahan dalam proses penggantian URL. Dengan menggunakan metode yang tepat, Anda dapat mengatasi kesalahan URL dengan mudah dan membuat situs WordPress Anda berjalan dengan lancar di hosting baru Anda.

Cara merestorasi tautan WordPress yang rusak setelah diunggah ke hosting

Jika kamu telah mengunggah WordPress dari XAMPP server ke hosting, kamu mungkin akan mengalami masalah dengan tautan atau URL yang rusak. Ketika kamu mencoba mengakses tautan, kamu akan melihat pesan kesalahan seperti “404 halaman tidak ditemukan”. Untuk memperbaiki masalah ini, kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Periksa apakah file .htaccess sudah ada di dalam folder WordPress. Jika belum ada, kamu dapat membuatnya secara manual dengan membuat file kosong dengan nama .htaccess.
  • Jika file .htaccess sudah ada, pastikan bahwa kode-kode di dalamnya belum diubah atau dihapus. Kode-kode ini berguna untuk mengarahkan tautan ke halaman yang benar.
  • Periksa apakah wp-config.php sudah terhubung dengan database yang benar. Jika tidak, maka tautan tidak akan berfungsi dengan baik.

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas dan masalah masih muncul, kamu bisa mencoba hal-hal berikut:

1. Gunakan Plugin “Broken Link Checker”. Plugin ini akan memindai seluruh tautan dalam situs WordPress kamu secara otomatis dan memberikan laporan tentang tautan mana yang rusak. Kamu dapat menghapus atau memperbaiki tautan yang rusak dengan cepat dengan plugin ini.

2. Buat ulang semua tautan di situs WordPress kamu. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah URL rusak, tetapi membutuhkan waktu yang cukup banyak. Kamu harus memastikan bahwa semua tautan di dalam situs kamu sudah bekerja dengan baik sebelum merilis situs.

3. Masukkan kembali tautan yang rusak ke database WordPress. Kamu dapat menggunakan PhpMyAdmin untuk memasukkan tautan-tautan yang hilang kembali ke database. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan kamu sudah melakukan backup database agar data tidak hilang.

Langkah Keterangan
Periksa file .htaccess pastikan file tersebut tidak diubah atau dihapus
Periksa wp-config.php pastikan sudah terhubung dengan database yang benar
Gunakan Plugin “Broken Link Checker” Plugin ini akan memindai seluruh tautan dalam situs WordPress kamu secara otomatis dan memberikan laporan tentang tautan mana yang rusak
Buat ulang semua tautan Cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah URL rusak, tetapi membutuhkan waktu yang cukup banyak. Kamu harus memastikan bahwa semua tautan di dalam situs kamu sudah bekerja dengan baik sebelum merilis situs.
Masukkan kembali tautan yang rusak ke database WordPress Kamu dapat menggunakan PhpMyAdmin untuk memasukkan tautan-tautan yang hilang kembali ke database. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan kamu sudah melakukan backup database agar data tidak hilang.

Cara menggunakan FileZilla untuk mengupload file WordPress ke hosting

Setelah Anda selesai menginstall XAMPP dan membuat website WordPress di lokal server Anda, selanjutnya Anda perlu mengupload file WordPress ke hosting agar website Anda dapat diakses di seluruh dunia. Salah satu cara untuk mengupload file WordPress ke hosting adalah menggunakan aplikasi FTP (File Transfer Protocol) seperti FileZilla.

  • Pertama, unduh dan install aplikasi FileZilla di komputer Anda.
  • Lalu, buka aplikasi FileZilla dan masukkan alamat FTP hosting Anda, username, password, dan port (biasanya port 21).
  • Setelah Anda berhasil login ke hosting, buka folder di hosting Anda dimana website Anda ingin di-upload.

Selanjutnya, drag and drop semua file website Anda ke dalam folder di hosting. Proses upload akan memakan waktu tergantung dari besar file website dan kecepatan internet Anda.

Penting untuk diingat, sebelum Anda mengupload file WordPress ke hosting, pastikan untuk melakukan backup dari semua file website Anda di lokal server Anda untuk meminimalkan risiko yang terjadi apabila terjadi kesalahan selama proses upload. Selain itu, pastikan juga untuk mengecek pengaturan WordPress Anda setelah proses upload selesai, untuk memastikan bahwa website Anda berjalan dengan baik di hosting.

Keuntungan Menggunakan FileZilla untuk Upload File WordPress ke Hosting

FileZilla merupakan aplikasi FTP open source yang dapat digunakan gratis. Dengan menggunakan FileZilla, Anda dapat dengan mudah mengupload file WordPress ke hosting tanpa harus mengerti kode-kode FTP. Selain itu, fitur multi-platform yang dimilikinya, memungkinkan Anda untuk mengakses file WordPress di semua sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac. Tentu saja, keuntungan utama menggunakan FileZilla adalah kecepatan transfer file yang lebih cepat dibandingkan dengan metode upload file website dengan cara manual.

Tips agar Proses Upload File WordPress menggunakan FileZilla di Hosting Berjalan Lancar

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda agar proses upload file WordPress menggunakan FileZilla di hosting berjalan lancar:

  • Pastikan koneksi internet Anda stabil dan cepat.
  • Jangan melakukan proses upload terlalu banyak file sekaligus. Lebih baik, upload file secara bertahap agar proses upload lebih mudah dipantau dan jika terdapat kesalahan, lebih mudah diperbaiki.
  • Pastikan bahwa lokasi file di server hosting sudah dipahami dengan baik sehingga Anda tidak melakukan kesalahan upload file ke folder yang salah.

Kesimpulan

Mengupload file WordPress ke hosting dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan aplikasi FTP seperti FileZilla. Dengan menggunakan FileZilla, proses upload file WordPress ke hosting akan menjadi lebih mudah dan cepat. Pastikan untuk mengerti penggunaan FileZilla dengan baik terlebih dahulu agar proses upload file website menjadi lebih lancar.

Cara memperbaiki tautan gambar yang rusak setelah mengunggah WordPress ke hosting

Setelah mengunggah WordPress ke hosting dengan URL yang berbeda dari XAMPP, mungkin terjadi masalah dengan tautan gambar di dalam website. Apabila hal ini terjadi, gambar akan muncul sebagai kotak kosong atau tanda tanya di halaman website. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Periksa tautan gambar yang rusak di halaman website. Klik kanan pada gambar yang tidak muncul dan pilih ‘inspect element’ atau ‘lihat elemen’ (disesuaikan dengan bahasa browser yang digunakan).
  • Selanjutnya, cari kode tag gambar ‘img src’ dan periksa URL yang tertera pada atribut tersebut. URL harus diubah ke URL hosting karena sebelumnya website diakses melalui XAMPP.
  • Salin URL yang rusak dan buka website WordPress yang diunggah di hosting. Masuk ke menu ‘Media’ dan upload kembali gambar dengan URL yang sama dengan gambar yang rusak. Pastikan untuk memilih opsi ‘Replace existing file’ agar gambar yang lama tergantikan dengan gambar yang baru.

Jika terdapat banyak gambar yang rusak, proses penggantian gambar secara manual bisa memakan waktu yang lama. Untuk mempercepat proses ini, kamu bisa menggunakan plugin ‘Velvet Blues Update URLs’ yang bisa diunduh dari WordPress Plugin directory. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan plugin tersebut:

  • Unduh dan pasang plugin ‘Velvet Blues Update URLs’ dari WordPress Plugin directory.
  • Buka menu ‘Tools’ dan pilih opsi ‘Update URLs’.
  • Masukkan URL XAMPP dan URL hosting, lalu pilih tabel yang ingin diubah (biasanya tabel ‘wp_posts’).
  • Klik tombol ‘Update URLs NOW’ dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu bisa memperbaiki tautan gambar yang rusak setelah mengunggah WordPress ke hosting, sehingga website bisa tampil dengan sempurna dan memuaskan pengunjung.

Langkah-langkah cara memperbaiki tautan gambar yang rusak setelah mengunggah WordPress ke hosting:
Periksa tautan gambar yang rusak di halaman website. Klik kanan pada gambar yang tidak muncul dan pilih ‘inspect element’ atau ‘lihat elemen’ (disesuaikan dengan bahasa browser yang digunakan).
Selanjutnya, cari kode tag gambar ‘img src’ dan periksa URL yang tertera pada atribut tersebut. URL harus diubah ke URL hosting karena sebelumnya website diakses melalui XAMPP.
Salin URL yang rusak dan buka website WordPress yang diunggah di hosting. Masuk ke menu ‘Media’ dan upload kembali gambar dengan URL yang sama dengan gambar yang rusak. Pastikan untuk memilih opsi ‘Replace existing file’ agar gambar yang lama tergantikan dengan gambar yang baru.
Unduh dan pasang plugin ‘Velvet Blues Update URLs’ dari WordPress Plugin directory.
Buka menu ‘Tools’ dan pilih opsi ‘Update URLs’.
Masukkan URL XAMPP dan URL hosting, lalu pilih tabel yang ingin diubah (biasanya tabel ‘wp_posts’).
Klik tombol ‘Update URLs NOW’ dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Cara menyesuaikan URL setelah mengaktifkan SSL pada situs WordPress yang diunggah ke hosting

Jika Anda mengaktifkan SSL pada situs WordPress yang diunggah ke hosting, Anda mungkin mengalami masalah dengan URL. Ini karena setelah Anda mengaktifkan SSL, URL situs akan berubah dari “http” menjadi “https”. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyesuaikan URL pada WordPress setelah mengaktifkan SSL pada situs yang diunggah ke hosting:

  • Masuk ke halaman dasbor WordPress Anda dan pilih menu “Settings”.
  • Kemudian, pilih menu “General”.
  • Pada halaman “General Settings”, temukan URL WordPress Anda dan ubah dari “http” menjadi “https”.
  • Setelah itu, klik tombol “Save Changes”.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, URL situs WordPress Anda akan diperbarui dan setiap halaman yang diakses akan menggunakan protokol “https”. Namun, Anda juga perlu melakukan penyesuaian pada setiap URL yang ada pada situs WordPress Anda untuk menghindari terjadinya masalah.

Berikut adalah langkah-langkah tambahan yang dapat Anda lakukan:

  • Perbarui URL di setiap postingan dan halaman. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke halaman “Edit” pada setiap postingan dan halaman, lalu perbarui URL yang ada pada bagian “Permalink”.
  • Perbarui URL di setiap gambar yang ada pada situs WordPress Anda. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke halaman “Media Library”, lalu klik pada gambar yang ingin Anda perbarui URL-nya dan ubah URL dari “http” menjadi “https”.
  • Uji situs WordPress Anda untuk memastikan bahwa tidak ada masalah yang terjadi.

Catatan penting

Jika Anda memiliki plug-in atau tema WordPress yang tidak kompatibel dengan protokol “https”, Anda perlu menghapusnya atau mencari solusi alternatif agar situs WordPress Anda tidak mengalami masalah. Selain itu, pastikan bahwa hosting Anda mendukung protokol “https” agar situs WordPress Anda dapat berjalan dengan lancar.

Langkah Aksi
1 Masuk ke halaman dasbor WordPress dan pilih menu “Settings”.
2 Pilih menu “General”.
3 Ubah URL dari “http” menjadi “https”.
4 Klik tombol “Save Changes”.
5 Perbarui URL di setiap postingan dan halaman.
6 Perbarui URL di setiap gambar yang ada pada situs WordPress Anda.
7 Uji situs WordPress Anda untuk memastikan bahwa tidak ada masalah yang terjadi.

Cara mengganti URL situs pada WordPress setelah diunggah ke hosting baru

Jika Anda telah mengunggah situs WordPress Anda ke hosting baru tetapi URL belum terupdate, maka Anda harus memperbarui URL agar ke-SEO-an dan kinerja website tetap terjaga. Berikut adalah cara memperbaiki link URL upload WordPress XAMPP ke hosting:

  • 1. Login ke Dashboard WordPress anda dan pilih ‘Settings’ dari dalam menu yang tersedia.
  • 2. Klik ‘General’.
  • 3. Perbarui ‘WordPress Address (URL)’ dan ‘Site Address (URL)’ sesuai dengan alamat yang baru.
  • 4. Klik tombol ‘Save Changes’ di bagian bawah.
  • 5. Logout dari dashboard WordPress dan pastikan menghapus ‘XAMPP’ pada server lokal Anda.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, situs Anda akan bekerja dengan benar menggunakan hosting baru dan alamat URL yang baru di perbarui. Namun, perlu diingat bahwa hal ini mungkin akan menghasilkan data yang tidak berfungsi atau bentuk halaman yang berbeda, karena pengaturan database WordPress Anda mungkin berubah.

Pada saat yang sama, ada baiknya juga untuk memeriksa seluruh situs Anda untuk pastikan bahwa semuanya bekerja dengan baik dan tidak adanya perubahan atau masalah lain yang terjadi.

Kesimpulan

Demikianlah panduan tentang bagaimana cara memperbaiki link URL upload WordPress XAMPP ke hosting, khususnya mengganti URL situs pada WordPress setelah diunggah ke hosting baru. Perhatikan setiap langkah dalam panduan ini dengan teliti dan pastikan situs Anda bekerja dengan baik setelah melakukan perubahan.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah seputar cara mengganti URL situs pada WordPress setelah diunggah ke hosting baru, jangan ragu untuk menghubungi tim support web hosting Anda atau konsultan web profesional yang terpercaya dan berpengalaman.

Dukungan Hosting Konsultan Web
0804-1-871180 021-50831090
support@hostinger.co.id info@jasa-buatwebsite.com

Jangan ragu untuk menghubungi!

Cara Memperbaiki Masalah Permalink pada WordPress Setelah Diunggah ke Hosting

Ketika mengunggah situs WordPress ke hosting, ada masalah yang sering terjadi terkait dengan permalink. Kesalahan ini terjadi saat halaman web yang diakses tidak sesuai dengan yang diharapkan, atau terjadi kesalahan 404 Not Found.

Meskipun masalah ini umum terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki masalah permalink pada WordPress setelah diunggah ke hosting.

  • Mengaktifkan Permalink
    Pastikan bahwa opsi permalink telah diaktifkan di situs WordPress. Jika tidak, aktifkan opsi ini dalam pengaturan permalinks. Anda dapat memilih struktur permalink yang diinginkan.
  • Mendeteksi Plugin Bermasalah
    Plugin tertentu dapat menyebabkan masalah dengan permalink. Nonaktifkan plugin satu per satu untuk mencari tahu plugin mana yang menyebabkan masalah ini.
  • Mengedit file .htaccess
    Cek apakah file .htaccess mengalami masalah atau tidak. Anda dapat mengedit file .htaccess untuk memperbaiki masalah ini.
  • Membuat File Baru .htaccess
    Jika file .htaccess hilang atau rusak, buat file baru .htaccess dengan memasukkan kode default. Anda juga dapat memasukkan kode khusus untuk struktur permalink yang diinginkan.
  • Menggunakan Plugin Permalink
    Gunakan plugin permalink seperti Permalink Manager atau Yoast SEO untuk membantu mengatasi masalah permalink di situs web WordPress Anda.

Selain itu, pastikan bahwa tema WordPress yang Anda gunakan dirancang dengan baik dan dibuat untuk versi terbaru WordPress. Kemudian, periksa apakah file tema yang diunggah telah lengkap dan tidak rusak.

Terakhir, pastikan bahwa versi WordPress Anda dan plugin yang digunakan selalu diperbarui untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi.

Solusi Keuntungan
Mengaktifkan Permalink Memudahkan pengguna mengakses halaman web sesuai dengan struktur permalink yang diinginkan.
Mendeteksi Plugin Bermasalah Menghindari penggunaan plugin yang dapat menyebabkan masalah dengan permalink.
Mengedit file .htaccess Memperbaiki file .htaccess yang mengalami masalah.
Membuat File Baru .htaccess Menyelesaikan masalah saat file .htaccess hilang atau rusak.
Menggunakan Plugin Permalink Memudahkan memperbaiki masalah permalink pada situs web WordPress.

Dalam mengatasi masalah permalink pada situs web WordPress setelah diunggah ke hosting, Anda perlu bersabar dan sabar. Pastikan bahwa Anda memeriksa semua solusi dan menghindari penggunaan plugin atau tema yang tidak diinginkan.

FAQs – Bagaimana Cara Memperbaiki Link URL Upload Wordpress XAMPP ke Hosting?

1. Apa yang dimaksud dengan link URL upload pada Wordpress?
2. Apa penyebab link URL upload pada Wordpress tidak berfungsi?
3. Bagaimana cara mengetahui apakah link URL upload pada Wordpress tidak berfungsi?
4. Apa langkah yang tepat untuk memperbaiki link URL upload pada Wordpress?
5. Apa yang harus dilakukan jika setelah memperbaiki link URL upload, tetap tidak berfungsi?
6. Apakah ada risiko jika melakukan perbaikan link URL upload pada Wordpress?
7. Bagaimana menghindari link URL upload pada Wordpress yang tidak berfungsi?

Penutup

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang bagaimana cara memperbaiki link URL upload Wordpress XAMPP ke hosting. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda akan dapat memperbaiki masalah ini dengan mudah. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk berkunjung lagi ke situs kami untuk membaca artikel menarik lainnya. Terima kasih!