Apa Itu TC di BBM? Panduan Lengkap Mengenal Fungsi dan Manfaatnya di Platform Chat Terpopuler

Kamu pasti pernah mendengar tentang apa itu TC di BBM, kan? Kali ini, kita akan membahas dengan lebih dalam mengenai fitur yang mungkin membuat kamu penasaran. Yup, TC di BBM merupakan singkatan dari “Tempat Curhat” yang ada di aplikasi pesan populer, BlackBerry Messenger. Bagi kamu yang belum tahu, TC adalah ruang virtual di mana kamu bisa berbagi cerita, curhat, dan berdiskusi dengan teman-temanmu. Buat kamu yang suka berinteraksi dan ingin mengekspresikan perasaanmu, TC di BBM mungkin akan menjadi fitur favoritmu!

Pengertian tentang tc di BBM

Turbo Charger (TC) di BBM merupakan sebuah fitur yang dikembangkan oleh Blackberry Messenger atau yang lebih dikenal dengan BBM, yang bertujuan untuk mempercepat pengiriman pesan dan mengoptimalkan penggunaan data. Fitur ini dapat ditemukan dalam aplikasi BBM versi terbaru.

Dengan menggunakan TC di BBM, pengguna dapat mengalami peningkatan kecepatan pengiriman pesan, terutama saat mengirim pesan yang berukuran besar seperti foto atau video. Fitur ini sangat berguna untuk mempercepat proses pengiriman pesan, terutama dalam kondisi jaringan yang tidak stabil atau lambat.

TC di BBM juga dapat membantu menghemat penggunaan data, karena pengiriman pesan dilakukan dengan lebih efisien. Fitur ini mengompresi data yang dikirimkan sehingga membutuhkan sedikit ruang dan waktu pengiriman yang lebih singkat.

Kelebihan TC di BBM:

  • Meningkatkan kecepatan pengiriman pesan
  • Mengoptimalkan penggunaan data
  • Membantu menghemat penggunaan ruang penyimpanan

Cara Mengaktifkan TC di BBM:

Untuk dapat menggunakan fitur TC di BBM, pengguna perlu memperbarui aplikasi BBM ke versi terbaru. Setelah berhasil memperbarui aplikasi, fitur TC ini akan otomatis aktif.

Setelah fitur TC diaktifkan, pengguna tidak perlu melakukan pengaturan tambahan untuk menggunakannya. Pengiriman pesan akan secara otomatis menggunakan fitur TC.

Tabel Perbandingan Pengiriman Pesan dengan dan tanpa TC di BBM

Tanpa TC Dengan TC
Kecepatan Pengiriman Lambat Cepat
Penggunaan Data Tinggi Hemat

Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa penggunaan fitur TC di BBM dapat memberikan pengalaman pengiriman pesan yang lebih cepat dan efisien.

Fungsi dan Kegunaan TC di BBM

Apakah Anda pernah mendengar istilah “TC” di BBM? TC adalah singkatan dari “Text and Call”. Fungsi utama dari fitur TC di BBM adalah untuk memudahkan pengguna melakukan panggilan suara dan mengirim pesan teks secara langsung melalui aplikasi BBM.

TC di BBM memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan suara dengan teman dan keluarga Anda yang juga menggunakan aplikasi BBM. Fitur ini memungkinkan Anda berbicara dengan mereka secara real-time dan menambahkan dimensi baru dalam komunikasi Anda dengan orang lain.

Selain itu, TC di BBM juga memiliki fungsi untuk mengirim pesan teks kepada kontak Anda. Anda dapat dengan mudah mengirim pesan teks panjang atau pendek, gambar, video, atau dokumen langsung melalui aplikasi BBM. Fitur ini membuat komunikasi Anda menjadi lebih cepat dan efisien, tanpa perlu menggunakan aplikasi pesan atau panggilan terpisah.

Manfaat TC di BBM

  • Berinteraksi dengan teman dan keluarga melalui panggilan suara dengan mudah.
  • Mengirim pesan teks langsung kepada kontak Anda dengan cepat dan efisien.
  • Membagikan foto, video, atau dokumen secara langsung melalui aplikasi BBM.

Kemudahan Penggunaan TC di BBM

TC di BBM sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu membuka aplikasi BBM dan memilih kontak yang ingin Anda hubungi. Setelah itu, Anda dapat memilih opsi untuk melakukan panggilan suara atau mengirim pesan teks kepada mereka.

Panggilan suara menggunakan TC di BBM juga memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan grup dengan beberapa kontak dalam satu waktu. Anda dapat melakukan pertemuan atau diskusi dengan teman atau rekan kerja Anda tanpa harus bertemu secara langsung.

Baca juga:  Apa itu Longsor dan Bagaimana Cara Menghadapinya?

Dalam hal pengiriman pesan teks, Anda juga dapat melihat apakah pesan Anda sudah terkirim, terbaca, atau sedang diketik oleh penerima. Fitur ini membantu Anda memastikan pesan Anda terkirim dan dibaca dengan tepat.

Tabel Fungsi dan Kegunaan TC di BBM

Fungsi Kegunaan
Panggilan suara Membuat panggilan suara langsung dengan teman dan keluarga yang menggunakan aplikasi BBM.
Pesan teks Mengirim pesan teks langsung kepada kontak Anda dengan cepat dan efisien.
Panggilan grup Melakukan panggilan suara dengan beberapa kontak sekaligus, memungkinkan pertemuan atau diskusi kelompok.

Dengan fitur TC di BBM, komunikasi Anda menjadi lebih mudah dan praktis. Anda dapat tetap terhubung dengan orang-orang terdekat Anda tanpa perlu beralih ke aplikasi lain atau menggunakan layanan telepon terpisah.

Cara mengaktifkan tc di BBM

Tanda centang (tc) di BBM adalah fitur yang dapat digunakan untuk menampilkan bahwa pesan yang telah dikirim sudah dibaca oleh penerima. Dengan mengaktifkan tc, pengirim dapat mengetahui apakah pesan yang mereka kirim sudah dibaca atau hanya terkirim saja.

Untuk mengaktifkan tc di BBM, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi BBM di ponsel Anda.

2. Pilih kontak yang ingin Anda kirimi pesan.

3. Ketika Anda sedang mengirim pesan kepada kontak tersebut, Anda akan melihat tanda centang ganda di sebelah pesan yang telah dikirim. Tanda ini menandakan bahwa pesan sudah terkirim ke server BBM.

Tips Mengaktifkan tc di BBM

  • Pastikan Anda dan kontak yang ingin Anda kirimi pesan sudah saling terhubung di BBM.
  • Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil agar pesan dapat terkirim dan terbaca dengan baik.
  • Pastikan fitur tc di BBM Anda sudah diaktifkan dalam pengaturan aplikasi.

Mengapa Mengaktifkan tc di BBM Penting?

Dengan mengaktifkan tc di BBM, Anda dapat mengetahui apakah pesan Anda telah terbaca oleh penerima. Hal ini sangat berguna dalam berkomunikasi, terutama dalam situasi di mana Anda butuh konfirmasi bahwa pesan yang Anda kirim sudah sampai dan dibaca oleh penerima.

Tanpa fitur tc, Anda akan tidak mengetahui apakah pesan Anda telah terbaca atau tidak. Ini bisa menyebabkan ketidakpastian dan dapat mempengaruhi kelancaran komunikasi yang sedang berlangsung.

Dengan mengaktifkan tc di BBM, Anda bisa lebih memastikan bahwa pesan Anda tidak hanya terkirim, tetapi juga telah dibaca oleh penerima.

Perbedaan tc dengan fitur-fitur lain di BBM

Di dalam BBM, terdapat berbagai macam fitur yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman Anda. Salah satunya adalah fitur tc, singkatan dari “Temporary Chat”. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara fitur tc dengan fitur-fitur lain di BBM.

1. Durasi Pesan

Fitur tc memungkinkan Anda untuk mengirim pesan dengan durasi yang telah ditentukan sebelumnya. Anda dapat mengatur waktu berapa lama pesan tersebut akan dapat dibaca oleh penerima sebelum pesan tersebut otomatis terhapus. Fitur ini memberikan keamanan tambahan jika Anda menginginkan pesan-pesan Anda hanya dapat dibaca dalam waktu tertentu.

2. Tidak Ada Jejak Chat

Salah satu keuntungan menggunakan fitur tc adalah pesan-pesan yang dikirim melalui fitur ini tidak akan meninggalkan jejak chat di dalam BBM Anda maupun pada penerima. Hal ini berbeda dengan pesan-pesan yang dikirim melalui fitur chat reguler, yang akan tersimpan dalam daftar chat hingga Anda menghapusnya.

3. Privasi

Dalam fitur tc, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan nama Anda agar tidak terlihat oleh penerima. Hal ini berguna jika Anda ingin menjaga privasi saat mengirim pesan kepada seseorang yang mungkin tidak Anda kenal dengan baik.

Baca juga:  Apa Itu Printer Inkjet dan Bagaimana Cara Kerjanya?

4. Penggunaan Data yang Lebih Efisien

Ketika menggunakan fitur tc, penggunaan data Anda akan lebih efisien. Hal ini dikarenakan pesan-pesan yang dikirim melalui fitur ini hanya dapat dibaca dalam waktu tertentu. Dengan demikian, tidak ada kebutuhan untuk menyimpan pesan-pesan tersebut dalam waktu yang lama, sehingga penggunaan data Anda akan lebih terkontrol.

Fitur tc di BBM

  • Durasi pesan dapat diatur sebelumnya
  • Tidak meninggalkan jejak chat
  • Memiliki privasi yang lebih tinggi dengan kemampuan menyembunyikan nama pengirim

Kelebihan Fitur tc di BBM

Selain perbedaan dengan fitur-fitur lain di BBM, fitur tc juga memiliki beberapa kelebihan tersendiri yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik.

1. Menjaga Kerahasiaan

Dengan durasi pesan yang dapat diatur, fitur tc membantu menjaga kerahasiaan pesan-pesan Anda. Pesan yang hanya dapat dibaca dalam waktu tertentu akan memberikan keamanan tambahan jika Anda mengirim pesan yang bersifat pribadi atau rahasia.

2. Kontrol Penggunaan Data

Ketika menggunakan fitur tc, Anda dapat mengontrol penggunaan data dengan lebih baik. Pesan-pesan yang hanya dapat dibaca dalam waktu tertentu tidak akan membebani penyimpanan data Anda, sehingga Anda dapat menghemat ruang penyimpanan di perangkat Anda.

3. Privasi yang Lebih Tinggi

Dengan fitur tc, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan nama Anda saat mengirim pesan kepada orang lain. Hal ini memberikan tingkat privasi yang lebih tinggi, terutama jika Anda ingin menjaga identitas Anda saat berkomunikasi dengan orang yang tidak Anda kenal dengan baik.

Secara keseluruhan, fitur tc di BBM memberikan fleksibilitas dan keamanan tambahan ketika berkomunikasi dengan teman-teman Anda. Dengan fitur ini, Anda dapat mengontrol pesan yang Anda kirim dengan lebih baik dan menjaga privasi Anda.

Fitur tc di BBM Fitur-fitur Lain di BBM
Durasi pesan dapat diatur Pesan reguler tidak memiliki durasi terbatas
Tidak meninggalkan jejak chat Pesan reguler tetap tersimpan dalam daftar chat
Privasi yang lebih tinggi Identitas pengirim terlihat dalam pesan

Dengan menggunakan fitur tc di BBM, Anda dapat memiliki pengalaman berkomunikasi yang lebih aman, efisien, dan terkontrol.

Keuntungan menggunakan tc di BBM

Dalam dunia digital yang terus berkembang, menggunakan tc (temporary contact) di BBM memberikan beberapa keuntungan bagi pengguna aplikasi BBM (BlackBerry Messenger).

Dengan menggunakan tc di BBM, pengguna dapat dengan mudah mengontrol siapa yang dapat melihat dan menghubungi mereka melalui aplikasi ini. Beberapa keuntungan dari menggunakan tc di BBM antara lain:

Keuntungan menggunakan tc di BBM

  • Bebas dari spam: Dengan menggunakan tc, pengguna dapat memilih dengan siapa mereka ingin berkomunikasi, sehingga mereka tidak akan menerima pesan atau undangan yang tidak diinginkan dari orang yang tidak mereka kenal.
  • Privasi yang lebih baik: Pengguna dapat memilih untuk hanya berbagi tc mereka dengan orang-orang terpercaya. Mereka juga dapat mengontrol siapa yang dapat melihat atau mendapatkan akses ke informasi mereka pada profil BBM dan status mereka.
  • Kemudahan dalam berhubungan bisnis: Dengan tc, pengguna dapat menjaga identitas pribadi mereka terpisah dari identitas bisnis. Ini memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan klien atau kolega tanpa mengungkapkan nomor ponsel atau identitas pribadi mereka.

Keuntungan menggunakan tc di BBM

Dalam penggunaan tc di BBM, pengguna juga dapat menikmati beberapa keuntungan lainnya, seperti:

Peningkatan keamanan: Dengan membatasi akses hanya kepada orang-orang yang memiliki tc, pengguna dapat mengurangi risiko penyalahgunaan komunikasi melalui BBM dan meningkatkan rasa aman dalam berinteraksi dengan orang lain.

Kemudahan dalam mengelola kontak: Dengan tc, pengguna dapat dengan mudah mengelola kontak mereka dalam aplikasi BBM, termasuk menambahkan atau menghapus kontak dengan cepat.

Baca juga:  Kenali Lebih Jauh Tentang Apa itu Sinusitis dan Cara Mengatasinya
Keuntungan Menggunakan tc di BBM
Pencegahan spam
Privasi yang lebih baik
Kemudahan berhubungan bisnis
Peningkatan keamanan
Kemudahan mengelola kontak

Tidak diragukan lagi, menggunakan tc di BBM memberikan pengguna manfaat signifikan, mulai dari meningkatkan privasi hingga memberikan kontrol lebih dalam berkomunikasi dan mengelola kontak. Dengan itu, pengguna dapat menikmati pengalaman BBM yang lebih positif dan aman.

Tips dan trik menggunakan TC di BBM

TC atau Time Capsule adalah fitur baru yang diperkenalkan dalam BBM yang memungkinkan pengguna menyimpan pesan dan gambar selama 24 jam dan mengirimkannya ke kontak saat mereka online.

Fitur ini bermanfaat jika Anda ingin mengirim pesan atau gambar kepada seseorang, tapi tidak ingin langsung mengganggu mereka. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan TC di BBM dengan efektif:

Mengatur Waktu Pengiriman TC

  • Anda dapat mengatur waktu pengiriman TC dengan menekan ikon jam yang terletak di kanan bawah layar saat Anda mengirim pesan atau gambar.
  • Pilih waktu yang tepat untuk mengirim TC, seperti saat Anda tahu bahwa kontak akan online atau setelah mereka selesai dengan tugas mereka.
  • Hal ini memungkinkan Anda mengirim pesan atau gambar tanpa mengganggu penerima saat mereka sibuk.

Mengaktifkan Fitur Notifikasi TC

Anda dapat mengaktifkan notifikasi TC sehingga Anda akan diberitahu ketika kontak Anda membuka TC yang telah Anda kirim.

Untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka pengaturan BBM di ponsel Anda.
  2. Pilih opsi “Notifikasi”.
  3. Aktifkan opsi “Notifikasi TC”.

Dengan mengaktifkan fitur notifikasi TC, Anda dapat mengetahui jika pesan atau gambar yang telah Anda kirim telah dilihat oleh penerima.

Bagikan Timelines dengan TC

TC juga memungkinkan Anda untuk membagikan timeline kepada teman-teman BBM Anda. Ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk berkomunikasi dan berbagi momen dengan mereka. Berikut adalah cara untuk menggunakan fitur ini:

Langkah-langkah Keterangan
1. Buka TC di BBM Buka TC di BBM dengan menekan ikon jam di kanan bawah layar.
2. Pilih opsi “Bagikan Timeline” Pilih opsi “Bagikan Timeline” di menu TC.
3. Pilih foto atau video Pilih foto atau video dari album Anda yang ingin Anda bagikan di timeline.
4. Tambahkan deskripsi (opsional) Jika Anda ingin, Anda dapat menambahkan deskripsi singkat untuk foto atau video yang Anda bagikan.
5. Pilih teman-teman untuk berbagi Pilih teman-teman BBM Anda yang ingin Anda bagikan timeline dengan mereka.
6. Klik tombol “Kirim” Klik tombol “Kirim” untuk mengirimkan timeline kepada teman-teman Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah berbagi timeline dengan teman-teman BBM Anda menggunakan fitur TC.

Terima Kasih Telah Membaca!

Semoga informasi tentang apa itu TC di BBM ini telah memberikan penjelasan yang jelas dan bermanfaat bagi Anda. Kamu jangan ragu untuk mengunjungi situs ini lagi nanti ya, agar kamu selalu update dengan informasi terbaru seputar BBM dan hal-hal menarik lainnya. Jangan lupa juga untuk berbagi artikel ini kepada teman-teman kamu yang mungkin juga ingin tahu apa itu TC di BBM. Sampai jumpa lagi dan terima kasih sudah membaca!