Cara Mempercepat Haid Untuk Permasalahan Haid Anda

mempercepat haid

Banyak wanita yang bermasalah dengan datangnya haid yang tidak teratur. Biasanya haid yang datang telat bisa disebabkan karena terjadinya kehamilan, namun kebanyakan masalah yang dialami wanita adalah haid yang telat, namun tidak hamil. Berikut ini adalah beberapa cara mempercepat haid untuk Anda yang selalu mengalami masalah haid yang datang terlambat.

Menggunakan Pil KB

Beberapa dokter ada yang menyarankan untuk mengonsumsi pil kontrasepsi secara teratur untuk menjadi salah satu cara mempercepat haid yang paling banyak dipakai dan juga sangat efektif untuk mengatur siklus haid Anda terutama untuk wanita yang memiliki penyakit PCOS (Sindrom Ovarium polikistik).

Wanita di bawah 35 tahun akan dianjurkan mengonsumsi pil KB untuk mengendalikan kadar estrogen, progesteron, dan juga androgen di dalam tubuh. Selain itu, dengan menggunakan pil KB ini juga bisa membantu menghilangkan jerawat, pertumbuhan rambut yang berlebihan dan juga penyebab lain yang bisa menyebabkan haid tidak teratur.

Jahe

Jahe atau dalam hal ini adalah wedang jahe, juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara mempercepat haid. Minumlah dua cangkir wedang jahe setiap hari untuk mempercepat haid Anda.

Vitamin C

nyeri haidManfaatkan vitamin C untuk cara mempercepat haid Anda. Vitamin C bisa membantu memproduksi estrogen di dalam tubuh yang bisa digunakan untuk membangun lapisan rahim, membuat rahim kontraksi dan juga menyebabkan pendarahan haid. Anda hanya memerlukan vitamin C dengan dosis tinggi (3000 mg selama 3 hari) yang bisa Anda dapatkan dari suplemen atau sumber alami lain seperti jeruk, lemon, jambu biji, ataupun teh hijau.

Untuk melakukan cara yang satu ini, Anda sebelumnya harus memastikan dahulu bahwa Anda tidak hamil. Karena vitamin C dengan dosis tinggi ini bisa menyebabkan resiko keguguran. Meskipun begitu, banyak juga wanita yang mengalami efek samping serius seperti batu ginjal ataupun diare berat. Jika Anda ingin mencoba cara ini, usahakan untuk selalu minum air putih yang banyak.

Konsumsi Makanan Sehat

Buah-buahan seperti nanas, pepaya dan mangga dipercaya bisa merangsang munculnya haid. Anda bisa menggunakan buah-buahan ini untuk cara mempercepat haid. Misalnya dengan meminum 500 gram jus pepaya dua kali sehari. Anda juga bisa menggunakan madu untuk alternatif lain dalam merangsang munculnya haid. Caranya larutkan satu sendok makan madu di air yang hangat dan minum.

Selain itu, masukkan seledri dalam menu makanan Anda. Batang dan daun seledri memiliki kandungan apiol yang merupakan zat alami yang dikenal bisa merangsang terjadinya kontraksi di rahim. Seledri juga bisa merangsang aliran darah di daerah panggul dan juga rahim.

Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan haid menjadi tidak teratur dan juga mempengaruhi jumlah pendarahan yang terjadi. Hal ini dikarenakan terdapatnya jaringan lemak yang berlebihan atau kekurangan yang menghasilkan estrogen dan membuat terganggunya ovulasi. Karena kadar estrogen yang terlalu sedikit ataupun terlalu banyak bisa berpengaruh terhadap umpan balik hormonal dan membuat haid menjadi tidak teratur.

Mengendalikan Stres

Stres bisa menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur. Sebenarnya mengendalikan stres adalah langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk cara mempercepat haid. Lakukan relaksasi dengan melemaskan otot-otot yang tegang dan juga pikiran. Dengan begitu haid akan datang dengan lebih lancar.

Olahraga

Lakukan olahraga secara rutin untuk kesehatan tubuh Anda. Anda bisa melakukan olahraga yang ringan seperti berjalan, bersepeda ataupun dengan latihan perut ringan seperti sit-up untuk memperlancar haid Anda.

Itulah beberapa cara mempercepat haid yang bisa Anda lakukan dengan mudah.